Ilmu teknisi

Efek Domino Kerusakan Chipset Inte

Efek Domino Kerusakan Chipset Intel
01 Okt 2011

* Koran Tempo
* Teknologi

JAKARTA - Penghentian produksi prosesor Intel berteknologi Sandy Bridge telah berdampak pada penjualan komputer Dell, MSI, dan Gigabyte. Kebanyakan perusahaan kini menghentikan produksi dan menunggu langkah antisipasi dari Intel.

Prosesor berteknologi Sandy Bridge yang memakai proses produksi 32 nanometer diluncurkan di Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat, awal Januari lalu. Prosesor ini juga menggabungkan prosesor grafis di dalamnya, sehingga sanggup bersaing dengan kartu grafis lain.

Namun, awal pekan ini, persoalan muncul. Intel mengakui ada cacat pada chipset, khususnya di bagian Input ke penyimpanan eksternal SAJA. Persoalan ini menyebabkan hard disk dan DVD drive tak bisa terhubung ke komputer.

Di siaran persnya pada 31 Januari lalu, Intel menyatakan bahwa kerusakan terjadi pada chipset seri 6 yang diberi nama kode Cougar Point. Intel sedang memperbaiki masalah tersebut. "Versi yang sudah di-mutakhirkan akan didistribusikan pada akhir Februari dan recovery penuh pada April," demikian siaran pers tersebut.

Chipset seri 6 biasanya dipakai di komputer kelas tinggi. Namun pelanggan biasanya tak mau tahu sehingga berdampak pada penjualan.

Dell mengalami dampak dalam penjualan empat model komputer di bawah merek XPS, Vostro, dan Alienware. Hewlett-Packard juga menyatakan telah merasakan dampak dari masalah tersebut.

Gigabyte dan MSI kemudian menghentikan penjualannya. Demikian pula Asus, yang langsung menghubungi distributornya. KUN SIUM lOGmUKIItl |MTEL